2009-08-09

BOM BUNUH DIRI, REAKSI KAUM YANG TERDZOLIMI OLEH TATANAN DUNIA

Beberapa waktu yang lalu kita terkejut dengan terjadinya dua bom yang meledak di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton di kawasan mega kuningan Jakarta Pusat yang menewaskan 9 orang dan melukai puluhan orang lainnya. Selain kerugian materil bangsa kita juga mengalami rasa malu besar kepada dunia akan lemahnya keamanan terkait rencana kedatangan klub raksasa premier league “Manchester United” yang akan menginap di salah satu hotel tersebut. Banyak penggemar berat kecewa dan panitia lokal mengalami kerugian yang mencapai puluhan milyar.

Sudah hampir lima tahun sebenarnya bangsa kita terbebas dari ledakan bom. Bom terakhir yang mengguncang indonesia adalah pada tahun 2005 pada 3 tempat wisata di kota bali. Kali ini para terosis ingin menunjukkan eksistensi mereka serta meneruskan perjuangan sesuai ideologi radikalnya. Kelompok ini telah melewati masa fakum yang cukup lama terkait tertangkap dan tewasnya beberapa tokoh dan rekan-rekannya sehingga aksi dan ruang gerak mereka terbatas. Namun faktanya kelompok ini mampu bertahan dan membangkitkan aktifitas teror mereka dengan keberhasilan mereka melakukan bom bunuh diri pada dua hotel besar yang terkenal sangat ketat penjagaannya. Menurut pengusutan sementara pihak polisi, disinyalir otak pemboman dua hotel megah ini adalah orang lama yang telah menjadi buronan nomor wahid di tanah air yaitu Noordin M Top. Gembong dan perekrut martir ini semakin diburu pasca ledakan bom, dimana-mana disebarkan potonya untuk membatasi gerak-geriknya.

Kelompok pelaku bom bunuh diri ini adalah mereka yang memiliki ideologi radikal. Sebuah kelompok yang menganggap bahwa darah dan harta orang kafir adalah halal. Mereka mendengar seruan Osama Bin Laden untuk melakukan perang terhadap amerika dan sekutunya, dengan membunuh warga sipil maupun tentara perang. (lihat; melawan pemikiran aksi bom Imam Samudera dan Noordin M Top : Nasir Abas). Mereka menganggap bahwa amerika dan sekutunya adalah musuh bersama kaum muslimin yang telah menjajah dunia islam dengan kejahatan perang, ekonomi, dan budaya. Mereka menganggap sedang terjadi perang sehingga bom bunuh diri adalah langkah yang mereka ambil untuk memerangi musuh mereka.

Membunuh kafir sipil sendiri masih sangat kontroversi dalam dunia Islam, ada yang pro dan kontra. Bagi yang kontra adalah mereka yang meyakini bahwa secara garis besar dalam islam terdapat istilah kafir harbi dan kafir dzimni. Kafir harbi adalah kafir yang boleh kita perangi, yaitu orang kafir yang memerangi kita dan sebagai pihak islam kita sepatutnya melakukan pembelaan dengan memerangi mereka. (respon dari penyerangan dan ancaman). Menurut Nasir Abas dalam bukunya, alasan rasulullah SAW berperang karena terdapat tiga hal: pertama, melanggar perjanjian damai (hudaibiyyah), Umat Islam Diserang, dan terakhir adanya ”fitnah” yaitu ancaman perang. Dan yang boleh kita perangi adalah orang-orang yang memerangi kita. Menurut nasir Abas, para kaum radikal ini memotong-motong ayat Al Qur’an yang sebenarnya utuh dan punya maksud sendiri untuk melegitimasi gerakan mereka. Banyak ayat Al Qur’an yang berbunyi: “dan perangilah mereka”, “dan perangilah orang-orang kafir”. Ayat-ayat tersebut mereka tafsirkan untuk memerangi seluruh orang kafir. Padahal jelas setiap ayat perang yang turun mempunyai asbabun nuzul dan konteks tertentu yang menjelaskan kepada kita kapan dan siapa saja yang boleh kita perangi. (lebih lengkapnya baca buku Nasir Abas). Kaum wanita dan orang sipil yang tidak ikut berperang adalah haram dibunuh, karena mereka termasuk ahlu dzimmah (kafir dzimni) yang harus dilindungi sebagaimana yang dilakukan oleh rasululah pada masanya. Bahkan abu bakar ba’asyir (pendiri Jama’ah Islamiyyah) pernah berkata: “menurut ijtihad saya, bom bunuh diri boleh dilakukan ketika berada di medan perang, dan di tempat kita tidak terjadi perang”. Jelas abu bakar ba’asyir juga kurang sependapat dengan gerakan mereka, walaupun dia juga sempat berkata “tetapi saya tidak menyalahkan ijtihad mereka, mungkin ijtihad mereka benar menurut mereka”.

Kelompok yang pro dengan gerakan semacam ini adalah mereka yang berpaham keras, yaitu darah orang kafir halal dibunuh (sipil maupun non sipil) serta hartanya halal untuk dirampas. Harta rampasan itu mereka sebut sebagai fa’i (harta rampasan). Hal itu terbukti dengan perampokan toko emas milik orang non islam di daerah banten beberapa tahun yang lalu untuk pembiayaan aktifitas mereka. Mereka menganggap bahwa sekarang sedang terjadi perang, perang kepada musuh umat islam yang menyerang kita dengan mengeksploitasi kekayaan, ekonomi, serta budaya. Hal itu juga merela lakukan sebagai pembalasan perang dan kejahatan manusia yang mereka lakukan di negara-negara islam konservatif di timur tengah yang kontra terhadap tatanan dunia oleh negara barat, seperti Iraq, Afghanistan, Palestina, Iran, dll. Mereka melakukan pembunuha massal, intervensi politik, dan kebijakan yang sangat diskriminatif. Afghanistan dan Iraq telah luluh lantak oleh mereka, sanksi atas Iran akan teknologi nuklir yang sebenarnya hanya untuk perdamaian, sikap pemerintah Amerika dan sekutunya yang permisif dan fakum terhadap penyerangan israel atas gaza yang sama sekali tidak beralasan. Jelas sekali terdapat diskriminasi yang jelas oleh negara barat terhadap beberapa negara Islam. Negara islam tidak boleh menjadi negara kuat dan bermartabat, karena menurutnya itu ancaman bagi mereka. Padahal sudah menjadi hak setiap negara memiliki keampuan militer untuk mempertahankan kedaulatan, dan kemandirian politik yang jauh dari intervensi asing.

Kesimpulannya, mereka (kelompok radikal) melakukan teror sedemikian itu karena ingin merubah kebijakan negara barat yang selalu menindas dan bersikap tidak adil kepada kaum muslimin. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Noordin M Top pada rekaman videonya yang beredar pasca bom bali II beberapa waktu yang lalu. Mereka menganggap amerika dan sekutunya adalah penjajah perang bagi saudara-saudara mereka di afgahnistan, iraq, dll. Berangkat dari sinilah kelompok radikal itu meyakini perjuangan mereka. Mereka akan selalu meneror dunia selama negara barat tidak merubah kebijakannya. mereka menganggap tidak ada cara lagi untuk memberikan perlawanan kepada hegemoni barat. Hanya bom bunuh dirilah yang bisa mereka lakukan kepada warga amerika dan sekutunya yang berada di Indonesia. Karena memang mereka tidak mampu melakukan penyerangan ke Amerika. Jadi hanya itulah jalan mereka satu-satunya agar negara-negara barat mau merubah kebijakannya kepada negara-negara Islam. Hal yang sedemikian itu menurut mereka lebih baik daripada berdiam diri melihat tatanan dunia dikuasai oleh negara barat. (Ahfa R Syach)


0 komentar:

SELAMAT DATANG.....!!! Happy Fun and Enjoy....

Mau menjelajah...?

Welcome...



Thanks For Joining

Selamat datang di sahara's community, sebuah blog pribadi, namun saya namakan sahara's community karena blog ini adalah rumah ilmu bagi siapapun yang mengunjungi blog ini, Blog ini adalah blog sastra, namun juga terdapat artikel umum hasil corat-coret tangan. semua makalah sastra yang tertulis adalah tugas-tugas kuliah selama menjadi mahasiswa di UIN Jakarta, semoga bermanfaat untuk referensi dan perbandingan. Bagiku .... dunia maya lebih indah dari pada dunia yang sesungguhnya..... salam


 

Design by Amanda @ Blogger Buster